Tuesday, 22 February 2011

Bersepeda

AYO Bersepeda... dan rasakan manfaatnya.... itulah yang sering kita katakan untuk hidup sehat. bagi para bikers..

Bersepeda merupakan sebuah kegiatan rekreasi atau olahraga, serta merupakan salah satu modal transportasi darat yang menggunakan sepeda. Banyak penggemar bersepeda yang melakukan kegiatan tersebut di berbagai macam medan, misalnya bukit-bukit, medan yang terjal maupun hanya sekedar berlomba kecepatan saja dan juga untuk menguji adrenalin.

Olahraga bersepeda profesional dinamakan balap sepeda.

Orang yang mempergunakan sepeda sebagai moda transportasi rutin juga dapat disebut komuter. Penggunaan sepeda sebagai moda transportasi rutin tidak hanya dilakukan oleh pekerja yang bekerja di sektor non-formal, tetapi juga dilakukan oleh pekerja yang bekerja di sektor formal.kerja yang bekerja di sektor formal.


Bersepeda secara rutin tidak akan membuat kita berpergian lebih cepat dari kendaraan bermotor atau mobil itulah anekdot dari bersepeda Bersepeda akan sangat bermanfaat untuk kesehatan dan menjaga tubuh kita selalu dalam keadaan bugar.

selain itu juga ramah lingkungan dan bisa mengurangi polusi / global warming.. bersepedah sangat menarik dan juga sebagai olahraga refreshing.. selain tubuh sehat, kita juga bisa berkeliling melihat pemandangan kota dari pegunungan.. bagi yang deket pegunungan. hehehe...

Hubunganya Bersepeda  dengan penurunan Berat badan (yang biasa kita sebut diet). hehehehe

Bagi kawan yang ingin menurunkan berat berat badan / diet, Bersepeda dapat dijadikan salah satu program untuk mengurangi berat badan. Dengan bersepeda kita sama saja membakar energy kita yang dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi semisal coklat dan sedikit minuman beralkohol (sekitar 300 kalori).

Hanya dengan 15 menit bersepeda dari rumah ke kantor kita 5 – 6 kali dalam seminggu, kita telah berhasil mengurangi berat badan kita 11 pounds dalam satu tahun.


Bersepeda dengAN Polusi udara
kita tidak perlu kuatir dengan polusi udara yang disebabkan lalulintas kendaraan, hasil penelitian menyebutkan orang yang bersepeda lebih sedikit terkena polusi udara dari pada orang yang naik kendaraan bermotor. Hal ini di mungkinkan karena orang yang bersepeda bernafas lebih teratur dan menghisap oksigen lebih banyak.
 
Keamanan dalam bersepeda 
Gunakan Helm
Sehat Itu penting.. tapi keamanan lebih penting dalam melaksanakan hidup sehat..
Jangan melupakan benda satu ini, meski sampai sekarang masih banyak anggapan bahwa memakai helm saat bersepeda itu bukan suatu hal yang penting anggapan tersebut salah. dengan memakai helm dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan jika kita jatuh atau kecelakaan lainnya. Untuk mendapatkan Helm sesuai dengan keamanan dan kenyamanan bersepeda kita dapat mengunjungi toko sepeda terdekat disana kita bisa mendapatkan banyak pilihan ukuran yang sesuai dengan ukuran kepala kita. Dengan Helm bersepeda menjadi lebih aman dan nyaman.


Hubungan Bersepeda dan Mood (semangat)
Bersepeda memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita. Bersepeda dapat mengurangi depresi, strees, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita. Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar. Bonus dari semua itu adalah kesehatan.

Bersepeda bersama keluarga dengan boncengan sepeda

 Dengan bersepeda juga, kita bisa mengajarkan kepada anak-anak untuk senantiasa gemar berolahraga. dan juga bersepeda bisa meningkatkan keharmonisan dalam berkeluarga.. karena kita bisa refreshing bareng keluarga menggunakan sepeda.. seperti touring ke gunung melighat pemandangan, atau pergi ke pantai melihat ombak dengan bersepeda..



Memperbaiki kehidupan sex.
Mereka yang berusia 50 tahun keatas, dan masih bersepeda, mampu memperkecil 30% resiko impontensi. Cukup ditotal 3 jam setiap minggu saja dengan bersepeda, dibandingkan olahraga kecil dirumah atau ditempat fitness.
Gairah semakin tinggi ujar peneliti asal Cornell University mengatakan masalah sex persepeda terlihat lebih muda antara 2 sampai 5 tahun dibanding usianya.

Resiko penyakit jantung lebih kecil.
Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian dari British Heart Foundation. Hanya 30 km perminggu, akan menekan resiko terkena penyakit jantung sampai 50% dibandingkan mereka yang tidak berolahraga.

Hilangnya lemak dibagian pantat ke bawah
Dengan bersepeda sudah pasti bagian tersebut akan lebih terkendali dan jauh dari lemak. Berat badan anda mungkin saja menumpuk disana, secara perlahan akan hilang. Bukan itu saja, dibandingkan olahraga lain. Bersepeda tidak memberikan beban bagi tubuh. Karena berat badan tubuh akan ditopang oleh pelana sepeda. Dengan berlari misalnya, tekanan pada tubuh akan memberikan tekanan keseluruh rangka tubuh. Berbeda dengan bersepeda, sehingga lebih aman dan tidak terbebani oleh berat badan ketika berolahraga.

Meningkatkan kekuatan otak
Hasil dari penelitian di universitas Illinois. Dengan bersepeda dapat meningkatkan sekitar 5% dalam kebugaran pernapasan. Juga menambah 15 % kemampuan mental. Khususnya mereka yang berusia 30 tahun keatas. Dengan bersepeda akan memberikan dampak positif dimana sel otak baru dibagian hippocampus tumbuh kembali. Bagian ini bertanggung jawab untuk menangani daya ingat dan semakin surut dengan sejalannya umur.

Otot usus juga lebih baik.
Dengan latihan olahraga juga merangsang otot kontraksi otot usus. Seperti mencegah perasaan kembung, plus mencegah kanker usus. Dengan berolahraga sepeda, maka tubuh akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memindahkan makanan didalam usus besar.  

Tidur lebih lelap setelah bersepeda
Bersepeda dipagi hari dalam rute pendek saja memberikan manfaat bagi pengendara utnuk tidur lebih lelap. Hal ini dilakukan oleh  Stanford University School of Medicine dari penderita susah tidur. Hasilnya bagi mereka yang mengalami insomnia atau susah tidur dapat tidur 1 jam lebih lama.

Terlihat lebih muda
Menjadi impian bagi mereka yang dewasa agar tetap terlihat muda. Dengan bersepeda maka tubuh akan mengirim nutrisi keseluruh tubuh.
Harley Street dermatolog Dr Christopher Rowland Payne mengatakan hal tersebut, karena tubuh memberikan oksigen lebih besar bagi pesepeda.
Satu yang positif adalah kolagen, dengan latihan yang baik maka dapat membantu mengurangi munculnya keriput dan mempercepat proses penyembuhan.

1 comment:

  1. betul tuh bru.. go komunitas sepedah indonesia

    ReplyDelete

Silahkan Komentar Anda..
Mohon Gunakan Bahasa yang baik dan sopan, OK. ^^