Friday 28 May 2010

TEKHNISI KOMPUTER

Seorang  teknisi mungkin harus menentukan apakah  sebuah komponen untuk komputer pelanggan  harus ditingkatkan  atau diganti. Penting bahwa seorang teknisi mengembangkan ketrampilan-ketrampilan canggih  dalam prosedur I nstalasi, masalah  teknik. Bab ini membahas pentingnya kompatibilitas komponen  hardware dan software di. Ini juga mencakup kebutuhan akan sumber daya  sistem yang memadai untuk menjalankan efisien pelanggan hardware dan’software.


Teknisi Komputer







Aturan Keamanan

Keselamatan harus selalu menjadi prioritas teknisi pada pekerjaan atau di laboratorium. Seorang teknisi komputer harus menyadari dari sekian banyak bahaya tempat kerja, dan harus mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menghindari bahaya itu. kita harus memeriksa keselamatan di laboratorium dan menjadi bagian dari kegiatan rutin. Mengikuti semua prosedur keselamatan yang benar dan menggunakan alat-alat untuk pekerjaan. Langkah ini akan membantu mencegah cedera dan kerusakan pada peralatan.

Untuk mencapai lingkungan kerja yang aman, lebih baik untuk menjadi proaktif dan bukan reaktif. Pertimbangkan daftar peraturan keselamatan untuk mempertahankan lingkungan kerja yang aman :
•    Area kerja tetap bersih dan bebas dari berantakan.
•    Jauhkan makanan dan minuman keluar dari area kerja.
•    Pernah membuka monitor komputer tanpa pelatihan yang tepat.
•    Hapus semua perhiasan dan jam tangan Anda
•    Pastikan daya dimatikan dan konektor daya telah dihapus.
•    Jangan melihat ke sinar laser yang terletak di peralatan.
•    Pastikan ada alat pemadam kebakaran dan perlengkapan pertolongan pertama yang tersedia.
•    Tutup dengan selotip tajam ketika bekerja di dalam casing komputer.

Kenyamanan Lingkungan Kerja
Keselamatan di tempat kerja diperlukan untuk memastikan bahwa setiap orang tinggal terluka. Dalam situasi apa pun, selalu mengikuti aturan-aturan dasar ini:
•    Antistatic menggunakan tikar dan alas untuk mengurangi kemungkinan ESD merusak peralatan Anda.
•    Jaga lantai bersih dari apa pun yang mungkin agar kita nyaman dalam bekerja.
•    Wilayah kerja bersih secara teratur.
•    Gunakan hati-hati saat peralatan komputer bergerak dari satu tempat ke tempat lain.
•    Pastikan konsumen mengikuti aturan keselamatan di area kerja.
•   Anda mungkin perlu untuk menjelaskan aturan-aturan ini dan meyakinkan pelanggan bahwa aturan yang ada untuk melindungi mereka.

Peralatan Kerja

Seorang teknisi komputer membutuhkan alat yang tepat untuk bekerja dengan aman dan mencegah kerusakan pada peralatan komputer. Ada banyak seorang teknisi alat-alat yang digunakan untuk mendiagnosa dan memperbaiki masalah komputer
•    Obeng plus ( + )
•    Obeng Min ( - )
•    Sikat Debu
•    Lap
•    Lampu Senter
•    Multitester
•    Karpet
•    Gelang Antistatik

Penggantian Komponen Komputer

Menentukan kebutuhan pelanggan sebelum melakukan pembelian atau melakukan upgrade. Tanyakan kepada pelanggan Anda apa perangkat akan terhubung ke komputer dan aplikasi apa yang akan digunakan.
Antara lain seperti pada komponen :
•    Sebuah casing dan power supply.
•    Motherboard.
•    RAM.
•    Perangkat penyimpanan dan hard drive.
•    Perangkat input dan output.

:


Casing Dan Power Supply

Casing komputer memegang power supply, motherboard, memori, dan komponen lainnya. Ketika membeli komputer baru casing dan power supply secara terpisah, memastikan bahwa semua komponen yang akan cocok dengan casing baru dan catu daya yang cukup kuat untuk mengoperasikan semua komponen. Banyak kali casing datang dengan power supply di dalamnya.

Motherboard
Motherboard baru sering memiliki fitur baru atau standar yang mungkin tidak sesuai dengan komponen yang lebih tua. Bila Anda memilih pengganti motherboard, pastikan bahwa itu mendukung CPU, RAM, video adapter, dan lainnya kartu adaptor. Soket dan chip set pada motherboard harus kompatibel dengan CPU. Motherboard ini juga harus mengakomodasi yang ada heat sink / kipas perakitan.

RAM (Random Acces Memory)
RAM baru mungkin diperlukan bila aplikasi terkunci atau komputer sering menampilkan pesan kesalahan. Untuk menentukan apakah masalah anda adalah RAM, ganti modul RAM lama. Restart komputer untuk melihat apakah aplikasi berjalan dengan baik.
Ketika memilih RAM baru, Anda harus memastikan bahwa saat ini kompatibel dengan motherboard. Itu juga harus jenis yang sama RAM sebagai diinstal di komputer. Kecepatan RAM baru harus sama atau lebih cepat daripada RAM yang ada.


TROUBLE SHOOTING

Masalah Pada Power Supply
 1
Gejala : Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala.

Solusi : Periksalah apakah kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya, periksa juga apakah ada tombol on/off dibelakang tepatnya dibelakang Power Supply sudah dalam posisi On, Jika sudah yakin terpasang dengan benar tapi tetap tidak ada respon untuk meyakinkan silahkan anda ganti kabel power dengan yang anda yakini bagus. Masalah terjadi karena tidak adanya tegangan listrik yang masuk, kerusakan ada pada kabel power.

 2
Gejala : Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor menyala.

Solusi : lakukan seperti langkah diatas, tetapi jika masih belum ada respon berati masalah ada pada Power Supply, Silahkan anda ganti PS nya, Saya sarankan sebaiknya anda ganti saja Power Supply yang rusak dengan yang baru, dan hati-hatilah dalam pemasangannya.

Catatan : Jika kerusakan hanya pada Power Supply saja, Setelah anda menggantinya, komputer akan kembali bekerja dengan normal. Kecuali jika ada masalah pada komponen yang lainnya seperti Mother Board, VGA Card dan Memory.






Masalah Pada Hardisk
 1
Gejala : Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu proses tidak berlanjut dan diam beberapa saat tidak langsung masuk ke operating system, dan kemudian di layar monitor ada pesan "harddisk error, harddisk Failur, setelah itu muncul pesan "press F1 to continou" setelah kita menekan tombol F1 tidak masuk Operating system dan muncul pesan "Operating system not found".

Solusi : Periksa kabel tegangan dan kabel data yang masuk ke harddisk apakah longgar, sebaiknya dikencangkan, kemudian nyalakan dan coba anda dengarkan apakah suara yang keluar dari harddisk normal, jika tidak normal berati harddisk rusak di controllernya.


 2

Gejala : harddisk bad sector?

Solusi : Ada beberapa faktor penyebab terjadi bad sector diantaranya, tegangan listrik tidak stabil, sering terjadi putusnya aliran listrik secara mendadak, setelah pemakaina tidak di shot down, pemakaian yang terlalu lama, ada 2 jenis bad sector yaitu fisik dan software.....Untuk mengatasinya ada beberapa cara, diantaranya menggunakan software untuk menghilangkan badsector....pembahan lebih lanjut ada di eBook Metode perbaikan komputer dan bisa anda dapatkan jika anda bergabung menjadi Member Aktif.


Masalah Pada CD/DVD/ROM/RW

Gejala : Jenis kerusakan yang biasa ditemui :
1. Tidak terdeteksi di windows
2. Tidak bisa keluar masuk CD
3. Tidak bisa membaca/menulis/hanya bisa membaca saja. (CD)
4. Tidak bisa membaca/menulis/write protect (Floppy disk)

Solusi :
1.     Periksa kabel data dan kabel tegangan yang masuk ke CD-floppy, perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? sebaiknya diset auto. Periksa apakah led menyala, jika tidak kerusakan di Controllernya.
2.     Kerusakan ada pada mekanik motor atau karet motor.
3.     Kerusakan Biasanya pada optik, tetapi ada kemungkinan masih bisa diperbaiki dengan cara men-set ualng optik tersebut.
4.     Head Kotor, bisa dibersihkan menggunakan Cutenbud


No comments:

Post a Comment

Silahkan Komentar Anda..
Mohon Gunakan Bahasa yang baik dan sopan, OK. ^^